UPZ Di Tiap KUA

Diposting pada 154 views
Jakarta, Bimas Islam (Media KUA Sewon) Dikutip dari bimasislam.kemenag.go.id Kementerian Agama membentuk Unit Pengumpulan Zakat di tiap-tiap Kantor Urusan Agama (KUA) dalam upaya memaksimalkan pengumpulan zakat di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, saat menjadi menjadi keynote speaker acara Outlook Zakat Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh BAZNAS RI di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta, Selasa (18/1/2022).”Saat ini sudah ada 7 KUA yang telah dibentuk UPZ, saya bayangkan apabila 5.963 KUA kita semuanya berkontribusi dalam pengumpulan zakat, hasilnya akan sangat luar biasa. Dampaknya akan sangat positif bagi masyarakat,” ujar Kamaruddin.

Kamaruddin mencontohkan, melalui peristiwa nikah di KUA yang setiap tahunnya mencapai sekitar 2 juta peristiwa nikah, dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dari pasangan keluarga baru tersebut.

“Secara hitung-hitungan sederhana, apabila satu keluarga secara suka rela berinfak 50 ribu rupiah saja, maka potensi dana yang bisa dikumpulkan bisa mencapai 100 miliar rupiah,” imbuhnya.

Kamaruddin menyampaikan, UPZ yang dibentuk di KUA dapat menjadi perpanjangan tangan dari BAZNAS dalam pengumpulan zakat di tingkat Kecamatan sebagai bagian dari penguatan ekosistem tata kelola zakat di Indonesia.

“KUA bisa menjadi instrumen kapitalisasi potensi sosial keagamaan yang sedang kita ikhtiarkan. Saat ini Kementerian Agama juga sedang gencar melakukan revitalisasi KUA sebagai program prioritas,” tutupnya.

(Boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.