Peningkatan Layanan di KUA Sewon Makin Terasa Setelah Direvitalisasi

Diposting pada 114 views

Bantul, Bimas Islam — Kamis sore (25/11/2021) suasana tampak tenang ketika rombongan Bimas Islam baru tiba di halaman depan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Rombongan berjumlah tiga orang ini disambut hangat oleh Kepala KUA Sewon, Mustafied Amna.

Amna pun baru tiba di KUA setelah ikut dalam penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 tingkat Kabupaten Bantul. Amna langsung mengajak tim Bimas Islam untuk berkeliling KUA Sewon, melihat-lihat perubahan fisik setelah dilakukan revitalisasi.

“Alhamdulillah, pelayanan kita semakin meningkat setelah dilakukan revitalisasi. Bukan hanya fisiknya saja, bukan hanya sarana prasaranannya saja, tetapi juga pelayanan kepada masyarakatnya makin bagus, makin lebih ke arah profesional,” ujar Amna di tengah perbincangan santai.

Menurut Amna, setelah dilakukan revitalisasi terhadap KUA Sewon, banyak perubahan signifikan yang terlihat, misalnya hadirnya front office (FO), ruang konsultasi, ruang balai nikah dan manasik haji yang lebih nyaman dan representatif.

“FO ini sangat penting sekali meskipun tampak sepele. Dengan adanya FO yang tepat berada di depan pintu masuk ketika dibuka, membuat masyarakat tidak lagi kebingungan ketika mereka butuh layanan. Ini menurut saya dampak sangat besar sekali,” jelasnya.

Perubahan lain yang dirasakan, menurut Amna, adalah terkait fasilitas untuk masyarakat. Sekarang ini, KUA Sewon memasang layar monitor di ruang tunggu sehingga masyarakat tidak jenuh ketika mereka tengah menunggu giliran.

“Untuk tingkat kecamatan, saya kira semua fasilitas di KUA ini yang terbaik. Bangunannya bagus, sarana prasarananya lengkap. Ini sangat berbeda sekali ketika KUA Sewon belum direvitalisasi,” ujar mantan Kepala KUA Kretek ini.

Ia mengakui, sekarang ini cukup banyak masyarakat yang puas dengan layanan di KUA Sewon. Hal ini terlihat dari respons dan komentar positif masyarakat yang ditunjukan melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Buku Tamu.

“Ini bukan dibuat-buat loh, ya. Ini respons masyarakat ketika mereka telah menerima layanan. Meski mereka puas, kita tidak akan berpuas diri, kita akan terus meningkatkan layanan menjadi lebih baik lagi,” kata Amna sembari memperlihatkan kepada Bimas Islam komentar positif masyarakat melalui IKM.(Rendi)

sumber laman berita ini dari web https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/peningkatan-layanan-di-kua-sewon-makin-terasa-setelah-direvitalisasi. (Rtm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.