Sosialisasi Konselor Hierarki Di Panggungharjo

Diposting pada 114 views

Sewon (Media KUA Sewon), Keluarga menjadi pondasi penting dalam hidup berbangsa dan bernegara, keluarga yang berkualitas menjadi orientasi pembangunan nasional berkelanjutan. Karenanya diperlukan program untuk menciptakan keharmonisan keluarga. Kementerian Agama salahsatunya melalui KUA Sewon akan melaunching Konselor Hierarki pada bulan Februari 2022.

Oleh karenanya Tim Konselor KUA Sewon melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi dengan Pemerintah Kalurahan Panggungharjo pada hari Kamis (27/1) pagi. Dalam kesempatan tersebut Lathifah, S.Sos Penyuluh Agama Islam KUA Sewon menyampaikan terkait dalam rangka menciptakan ketahanan di rumah tangga.

Tujuan adanya Konselor Hierarki yaitu “Dalam upaya menciptakan ketahan keluarga melalui peran masyarakat, diharapkan melalui konseling hierarki berjenjang mulai dari masjid, Kantor Desa dan KUA dan konseling melalui Akida.”, Jelas Lathifah.

Akida yaitu Aplikasi Konseling Digital (Akida) program Bidang Urusan Agama Islam Kementerian Agama RI yang telah diluncurkan pada tahun 2020 lalu, alur kerjanya yaitu setiap pasangan pengantin baru, datanya akan terdaftar di KUA sehingga diketahui rekam jejaknya. Dengan demikian dari aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media konseling.

Sisi lain adanya konsoler dan aplikasi Akida yang dalam rangka menekan jumlah perceraian. Hal itu dapat dilihat dari angka perceraian yang masih tinggi dengan 5500 pasang keluarga setiap tahun dan rendahnya jumlah klien yang memanfaatkan konselor di KUA.

Kementerian Agama melalui KUA juga melakukan inovasi program pusaka sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) sebagai upaya wujudkan ketahanan keluarga, diharapkan dengan adanya konseling hierarki dan Akida akan memaksimalkan program-program untuk ketahanan keluarga.

Kunjungan Tim Konselor diterima oleh Hosni Bimo Wicaksono Kamituwo Kalurahan Panggungharjo, dan menyampaikan apresiasi atas inovasi dan layanan bagi masyarakat tersebut. Bimo juga mengharapkan program tersebut dapat di sinergikan dengan program yang ada di Kalurahan Panggungharjo. “Atas nama Pemerintah Kalurahan Panggungharjo, sangat menyambut baik adanya konselor dan aplikasi Akida. Dan di lapangan kami siap bekerjasama dengan tim KUA.” Demikian tanggapan Bimo.

Tim Konsoler Hierarki untuk wilayah Panggungharjo yaitu Latifah, S.Sos., Nurul Aeni, M.S.I, Pujianto, M.Pd, Aris Wahyudi S.Sos.I dan Jamilludin, S.Sos.I. (JML)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.