Puncak Acara HAB ke 76, Kepala KUA Sewon, Mustafied Amna, S.Ag, M.H: Sewon Akan Menjadi Pionir Kerukunan Umat Beragama Untuk Indonesia

Diposting pada 129 views

 

 

Bantul, (KUA SEWON) – Puncak Acara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama Kabupaten Bantul menggelar acara pentas Wayang Kulit semalam suntuk dengan lakon “Abimanyu Mbangun Moderasi Kasatriyan” dengan dalang Ki Totok Yunianto salah satu ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul dan Dalang Cilik Pandu Pamungkas di Aula Manggala Desa Pendowoharjo Sewon Bantul, Selasa (04/01). Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kakanwil Kemenag DIY Dr. H. Masmin Afif, M. Ag., Kankemenag Bantul H. Aidi Johansyah, S. Ag., MM., Jajaran Forkopimda dan ASN Kemenag Bantul. Turut hadir juga, Panewu Kapanewon Sewon, Hartini, S.I.P, M.M., Kepala KUA Sewon, Mustafied Amna, S.Ag, MH., Gus Lurah Pendowoharjo, H. Hilmi Hakimudin, Forkompincam.

Dalam sambutannya Aidi mengatakan dalam rangka HAB ke-76, Kemenag Bantul mengadakan beberapa kegiatan antara lain bakti sosial, donor darah, bedah rumah 3 tempat di Pundong, Bambanglipuro dan Jetis, bantuan 1220 bantuan untuk fakir miskin, lomba madrasah hebat, ASN Excellent, KUA Prima, berbagai macam oleh raga baik intern Kemenag Bantul maupun lintas instansi mitra di Kabupaten Bantul, ada juga silaturahmi ke mantan Kepala Kantor baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal, dan diakhiri dengan Pagelaran Wayang Kulit.

 

Masmin mengatakan wayang kulit adalah salah satu sarana dakwah para wali yang di komandani Sunan Kalijaga dan berhasil menarik masyarakat nusantara. “Dimasa pandemi seperti saat ini Kementerian Agama tetap eksis mengabdi untuk melayani masyarakat, maka kita harus terus bersyukur”, Kata Masmin. “Mari tetap mendasari layanan kita dengan logo ikhlas beramal, lakukan tugas-tugas kita dengan sepenuh hati dan ikhlas”, imbuhnya. Gus Menteri Agama di tahun 2020-2024 mencanangkan 7 program prioritas Kementerian Agama yang harus didukung oleh seluruh ASN Kemenag. 7 program prioritas Kementerian Agama antara lain Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, Kemandirian Pesantren, Religiousity Index dan Tahun Toleransi.

 

“Selamat Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-76, teriring harapan semoga Kementerian Agama solid selalu dan terus dapat bekerjasama dengan semua pihak termasuk dengan pemerintah daerah Kabupaten Bantul yang selama ini telah terjalin”, Kata Halim. “Pemerintah Daerah juga terus mendukung program-program Kementerian Agama diantaranya pengembangan madrasah, membangun Moderasi Beragama dan sebagainya, sehingga sinergitas ini akan membuahkan hasil yang produktif bagi peningkatan kehidupan kita yang lebih baik dihari ini dan masa depan”, Imbuhnya.

Acara Pagelaran Wayang Kulit diawali dengan penyerahan Hadiah Lomba ASN Excellent, KUA Prima dan Lomba Olahraga Antar Instansi dilanjutkan dengan pembukaan acara yang ditandai dengan penyerahan wayang Abimanyu oleh Bupati Bantul pada Ki Totok Yunianto. 

Sementara Kepala KUA Sewon, Mustafied Amna, S.Ag, M.H., yang menjadi tuan rumah sangat mengapresiasi acara Wayang Kulit yang diselenggarakan oleh kemenag Bantul. Apalagi bertema tentang moderasi dimana akan semakin meneguhkan Sewon dimana salah satu kalurahannya yaitu Pendowoharjo sebagai Desa Sadar Kerukunan. Salah satu indikasi kuat keberhasilan moderasi beragama adalah adanya kerukunan umat beragama di Indonesia.

 

Lebih lanjut, Amna berharap, “Semoga Sewon akan menjadi pioner didalam menciptakan kerukunan umat beragama sehingga akan semakin tercipta warga yang damai, rukun dan sejhatera”. Harapnya.(Rus/Evy)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.