Penyuluh Sewon Pimpin Ziarah

Diposting pada 131 views

Kang Jamil (bersurban) memandu Jama’ah menuju lokasi ziarah di Panjalu, Jawa Barat

Tasikmalaya (Media KUA Sewon), Penyuluh Agama adalah seorang yang diberi tugas, tanggungjawab dan wewenang oleh Pemerintah untuk melaksanakan bimbingan keagamaan, penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada kelompok sasaran. Oleh karenanya Penyuluh Agama Islam harus memiliki kecakapan dalam memberi bimbingan baik secara langsung maupun melalui media dan program yang di susun.

Jamilludin yang biasa disapa Kang Jamil merupakan salahsatu dari 10 orang PAI Non PNS di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bantul yang di bertugas di KUA Kecamatan Sewon. Aktivitasnya yang memiliki sekitar 10 kelompok binaan dengan beragam rutinitas kegiatan dimulai pengajian rutin mingguan, bulanan dan program wisata religi.

Menurut Kang Jamil, program wisata religi atau ziarah merupakan program rutin bekerjasama dengan Majelis Jejak Wali Jogja dan Lestari Wisata Jogja. Program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu. “Wisata religi ini merupakan program rutin tahunan, kami membawa jama’ah untuk ziarah Wali. Alhamdulillah, mulai Wali di Jatim sampai Jabar sudah kami ziarahi, juga makam Bung Karno, Pak Harto dan Gus Dur”, jelas Kang Jamil.

Dengan program ziarah di maqbarah aulia para wali dan pahlawan diharapkan senantiasa menumbuhkan rasa kecintaan pada tokoh agama dan bangsa dengan cara menguatkan rasa persaudaraan diantara jama’ah. Dalam perjalanan seringkali Kang Jamil menyelipkan do’a untuk bangsa dan pesan-pesan pentingnya mengamalkan ajaran islam dengan akhlakul karimah. (JML)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.