Penyuluh KUA Sewon Mengikuti Bimtek Pembuatan Video

Diposting pada 117 views

Yogyakarta, Bimas Islam — Dikutip dari bimasislam kemenag.go.id, Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Kemenag menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Video Bimbingan dan Penyuluhan Bagi Penyuluh Agama Islam Angkatan ke-3. Bimtek dilaksanakan di Hotel Kimaya Sudirman Yogyakarta, Senin-Rabu (16-18/5/22).

Narasumber pertama dalam Bimtek ini, Sofian Effendi menyampaikan materi Cara Membuat Ide Program dan Naskah Video. Dalam paparannya, Sofian menyampaikan pentingnya ide dalam memengaruhi kualitas video.

“Temukan ide atau gagasan yang menarik, unik, dan asli. Bisa berasal dari pengalaman sehari-hari atau berdasarkan imajinasi. Setelah itu, tentukan format video yang akan diproduksi,” ungkap Sofian.

Format video yang dimaksud Sofian meliputi iklan layanan masyarakat, dokumenter, drama, talk show, vlog, dan bentuk lainnya. Setelah menentukan format, lakukan perencanaan secara terperinci agar memudahkan pembuatan naskah.

“Naskah yang sudah selesai perlu diedit terlebih dahulu secara terperinci. Kualitas naskah sangat penting dalam memengaruhi kualitas video yang akan diproduksi,” terang lulusan Fakultas Komunikasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Sofian juga menyampaikan pentingnya tujuan saat membuat video. “Lakukan juga riset. Ide kita mungkin menarik, tetapi apakah ide tersebut menarik juga bagi orang lain?” tegasnya.

Bimtek diikuti 60 Penyuluh Agama Islam se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peserta mengikuti Bimtek secara antusias dan interaktif saat sesi diskusi dan praktik.

(Pirman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.