Pendampingan KUA Percontohan Program Ekonomi Umat

Diposting pada 175 views

Keempat dari kiri, Mustafied Amna Kepala KUA Sewon Mengikuti Rakor Program Ekonomi Umat

 

Dikutip dari diy.kemenag.go.id KUA Kapanewon Sewon Bantul salah satu dari sebelas KUA se-Indonesia yang ditetapkan sebagai prototype KUA percontohan umat sesuai SK Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Nomor 489 Tahun 2021. Untuk itu Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf terus memberikan pendampingan pemberdayaan ekonomi umat bagi penerima manfaat di lingkungan KUA Sewon.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf Drs. H. Sigit Warsita, MA, saat memberikan sambutan Rapat Koordinasi (Rakor), Selasa (8/2/2022) di Yogyakarta.

Rakor diikuti Analis Kebijakan Zakat Wakaf, Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Bantul, Kepala KUA Sewon, dan Ketua Perwakilan Lemabag Amil Zakat (LAZ) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) DIY.

“Sebagai KUA percontohan ekonomi umat, Ditjen Bimas Islam Kemenag RI tahun 2021 telah mengucurkan bantuan dana pemberdayaan umat senilai Rp 100 juta untuk 10 penerima manfaat. Melalui DIPA Kanwil Kemenag DIY dan Kemenag Bantul tahun 2022, masing-masing mengalokasikan dana untuk pendampingan senilai Rp 25 juta,” urai Sigit.

Pendampingan ini, imbuhnya, merupakan kegiatan yang harus ada pada program pemperdayaan ekonomi. “Insya Allah dengan adanya pendampingan, tingkat keberhasilan usaha akan tercapai,” sambungnya.

Pihaknya juga sangat berharap pendampingan yang akan dilakukan Kemenag bersama LAZ IZI selama tahun 2022 dapat berjalan dengan baik dan hasilnya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh penerima program.

Sementara Sutarto dari LAZ IZI, sebagai pendamping, melaporkan secara umum 10 penerima bantuan tahun 2021, dapat melaksanakan program dengan baik. “Kami sangat optimis dengan pendampingan yang akan dilakukan tahun ini, 10 orang penerima manfaat akan lebih meningkat usahanya,” tuturnya. (mis/bap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.